Kelas Pohon

End-to-end Product Design

Kelas ini bertujuan untuk menyiapkan peserta dengan fondasi yang kuat untuk mengawali karier sebagai praktisi digital product design UI/UX; baik sebagai designer, researcher atau writer.

Ikut belajar di Kelas Pohon dan gabung dengan komunitas Insan

Batch 3 dimulai 16 September 2023 

Group 4Created with Sketch.

Durasi

15 pertemuan tatap muka

Created with Sketch.

Peserta

Kelas terbatas hanya untuk 25 peserta

Group 37Created with Sketch.

Jadwal

Setiap Sabtu pagi 09.00 - 12.00 WIB

Hal apa saja yang akan dipelajari?

Kelas Pohon adalah program belajar digital product design intensif dengan 15 kali jumlah kelas offline, selama 3 bulan, dengan mentor praktisi berpengalaman di bidangnya.

Sebuah pohon akan dapat bertumbuh besar jika  akarnya tertanam kokoh sebagai fondasi, begitu juga seorang desainer.

Dipandu 7 mentor yang berpengalaman di bidang masing-masing.  Peserta akan mendapatkan 15 file materi untuk setiap pertemuan. Teori yang cukup, dipadu dengan praktek di kelas dan di luar kelas. Sesi Q&A di setiap pertemuan bersama para mentor.

Pembelajaran sudah termasuk:

  • Learning kit
  • Akses ke materi yang diberikan mentor
  • Akses Q&A, diskusi, dan konsultasi dengan mentor
  • Akses ke grup alumni dan mendapat info dari komunitas desain di Insan
  • Kesempatan presentasi final assignment dan mendapatkan feedback
  • Akses untuk bantuan membangun portfolio
  • Materi, metode, dan studi kasus yang terpakai di lapangan sehari-hari
 

1

Introduction & onboarding

  • Perkenalan mentor dan peserta.
  • Perkenalan visi, misi dan filosofi Insan Desain
  • Bangun mental model yang diperlukan untuk mengikuti kelas ini dari awal hingga kelulusan

Tri Nugraha

Head of Design, GoFood & Co-founder Insan Desain

Galih Pambudi

Head of UX Writing di Gojek & Co-founder Insan Desain

2

Research

  • Research untuk Desain: Apa? Kenapa? Gimana?
  • Qualitative & quantitative research
  • Proses research hulu-hilir
  • Menyiapkan research plan dan proses interview

Diaz Nugroho

Driver Research Manager di Gojek

3

UX Design

  • Analisa dan scoping masalah
  • Mensintesis data dengan Affinity Diagram
  • Prioritisasi masalah dan solusi
  • Menguasai struktur information architecture & user journey
  • Dasar dan praktek wireframing
  • Menentukan dan mengukur UX metrics

Tri Nugraha

Head of Design, GoFood & Co-founder Insan Desain

Adze Ganesha

Product design lead di Tokopedia

4

UX Writing

  • Menyuguhkan experience berkesan melalui tulisan
  • Memahami tujuan dari seorang UX Writer
  • Mengenal dan membuat brand voice & tone
  • Tentang tema dan cerita

Alverta Shani

Senior UX Writer di Gojek

Galih Pambudi

Head of UX Writing di Gojek & Co-founder Insan Desain

5

UI Design

  • Fondasi user interface: spacing, visual, typography, color & contrast, complexity, consistency
  • Mengenal dan meresapi rinsip-prinsip user interface

Fauzy Lukman

Senior Interaction Designer di Gojek

6

Prototyping

  • Fundamental dan jenis-jenis prototyping
  • Mengkonversi ide menjadi prototype
  • Praktek hands-on membuat prototype di Figma

Angga Sundowo

Senior Interaction Designer di Gojek

7

Usability testing

  • Teknik dalam pelaksanaan usability testing produk yang akan dibuat
  • Menyusun research report sederhana

Diaz Nugroho

Driver Research Manager di Gojek

Ya, seluruh kelas akan dilaksanakan secara offline di Insan Space, Bekasi, agar interaksi pembelajaran dan mentorship lebih maksimal

Cek harga kelas & jenis pembayaran yang tersedia di form pendaftaran.

Terbuka akses mentorship di luar kelas yang bisa dimaksimalkan untuk bertumbuh dan akses networking ke para insan di top companies di Indonesia. Kalau serius belajar, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Respect the craft. Trust the process. 

Practice 1.000 times and know the foundation so you can build anything