Kelas Pohon
End-to-end Product Design
Kelas ini bertujuan untuk menyiapkan peserta dengan fondasi yang kuat untuk mengawali karier sebagai praktisi digital product design; baik sebagai designer, researcher atau writer.

Batch 4 dimulai 17 Februari 2024
Setiap sabtu pukul 09.00 – 12.00 WIB. Lokasi Insan Space, Bekasi
Durasi
15 pertemuan tatap muka
Peserta
Kelas terbatas hanya untuk 25 peserta
Jadwal
Setiap Sabtu pagi 09.00 - 12.00 WIB
Hal apa saja yang akan dipelajari?
Kelas Pohon adalah program belajar digital product design intensif dengan 15 kali jumlah kelas offline, selama 3 bulan, dengan mentor praktisi berpengalaman di bidangnya.
Sebuah pohon akan dapat bertumbuh besar jika akarnya tertanam kokoh sebagai fondasi, begitu juga seorang desainer.
Dipandu 7 mentor yang berpengalaman di bidang masing-masing. Peserta akan mendapatkan 15 file materi untuk setiap pertemuan. Teori yang cukup, dipadu dengan praktek di kelas dan di luar kelas. Sesi Q&A di setiap pertemuan bersama para mentor.
Pembelajaran sudah termasuk:
- Learning kit
- Akses ke materi yang diberikan mentor
- Akses Q&A, diskusi, dan konsultasi dengan mentor
- Akses ke grup alumni dan mendapat info dari komunitas desain di Insan
- Kesempatan presentasi final assignment dan mendapatkan feedback
- Akses untuk bantuan membangun portfolio
- Materi, metode, dan studi kasus yang terpakai di lapangan sehari-hari
1
Introduction & onboarding
- Perkenalan mentor dan peserta.
- Perkenalan visi, misi dan filosofi Insan Desain
- Bangun mental model yang diperlukan untuk mengikuti kelas ini dari awal hingga kelulusan

Tri Nugraha

Galih Pambudi
2
UX Research
- Research untuk Desain: Apa? Kenapa? Gimana?
- Qualitative & quantitative research
- Proses research hulu-hilir
- Menyiapkan research plan dan proses interview

Diaz Nugroho
3
UX Design
- Analisa dan scoping masalah
- Mensintesis data dengan Affinity Diagram
- Prioritisasi masalah dan solusi
- Menguasai struktur information architecture & user journey
- Dasar dan praktek wireframing
- Menentukan dan mengukur UX metrics

Tri Nugraha

Adze Ganesha
4
UX Writing
- Menyuguhkan experience berkesan melalui tulisan
- Memahami tujuan dari seorang UX Writer
- Mengenal dan membuat brand voice & tone
- Tentang tema dan cerita

Galih Pambudi
5
UI Design
- Fondasi user interface: spacing, visual, typography, color & contrast, complexity, consistency
- Mengenal dan meresapi rinsip-prinsip user interface

Eja
6
Prototyping
- Fundamental dan jenis-jenis prototyping
- Mengkonversi ide menjadi prototype
- Praktek hands-on membuat prototype di Figma

Luthfi Eryando (Lui)
7
Usability testing
- Teknik dalam pelaksanaan usability testing produk yang akan dibuat
- Menyusun research report sederhana

Diaz Nugroho
8
UX Metrics
- Mempelajari kunci bagi seorang Desainer untuk dapat “kursi” di ranah pengambilan keputusan, yaitu mengenal dan menguasai UX Metrics
- Melihat langsung contoh real penggunaan UX Metrics di berbagai project di perusahaan teknologi

Tri Nugraha
8
Building Portofolio
- Pelajari teknik yang diperlukan seorang Desainer untuk “menjual” berbagai bentuk produk,desain atau solusi
- Membedah struktur presentasi yang baik

Tri Nugraha
9
Presentation
- Teknik dalam pelaksanaan usability testing produk yang akan dibuat
- Menyusun research report sederhana

Tri Nugraha
Ya, seluruh kelas akan dilaksanakan secara offline di Insan Space, Bekasi, agar interaksi pembelajaran dan mentorship lebih maksimal
Cek harga kelas & jenis pembayaran yang tersedia di form pendaftaran.
Terbuka akses mentorship di luar kelas yang bisa dimaksimalkan untuk bertumbuh dan akses networking ke para insan di top companies di Indonesia. Kalau serius belajar, usaha tidak akan mengkhianati hasil.
Respect the craft. Trust the process
Practice 1.000 times and know the foundation so you can build anything