Kelas Pohon

End-to-end Product Design

Kelas ini bertujuan untuk menyiapkan peserta dengan fondasi yang kuat untuk mengawali karier sebagai praktisi digital product design; baik sebagai designer, researcher atau writer.

Batch 4 dimulai 17 Februari 2024

Setiap sabtu pukul 09.00 – 12.00 WIB. Lokasi Insan Space, Bekasi

Group 4Created with Sketch.

Durasi

15 pertemuan tatap muka

Created with Sketch.

Peserta

Kelas terbatas hanya untuk 25 peserta

Group 37Created with Sketch.

Jadwal

Setiap Sabtu pagi 09.00 - 12.00 WIB

Hal apa saja yang akan dipelajari?

Kelas Pohon adalah program belajar digital product design intensif dengan 15 kali jumlah kelas offline, selama 3 bulan, dengan mentor praktisi berpengalaman di bidangnya.

Sebuah pohon akan dapat bertumbuh besar jika  akarnya tertanam kokoh sebagai fondasi, begitu juga seorang desainer.

Dipandu 7 mentor yang berpengalaman di bidang masing-masing.  Peserta akan mendapatkan 15 file materi untuk setiap pertemuan. Teori yang cukup, dipadu dengan praktek di kelas dan di luar kelas. Sesi Q&A di setiap pertemuan bersama para mentor.

Pembelajaran sudah termasuk:

  • Learning kit
  • Akses ke materi yang diberikan mentor
  • Akses Q&A, diskusi, dan konsultasi dengan mentor
  • Akses ke grup alumni dan mendapat info dari komunitas desain di Insan
  • Kesempatan presentasi final assignment dan mendapatkan feedback
  • Akses untuk bantuan membangun portfolio
  • Materi, metode, dan studi kasus yang terpakai di lapangan sehari-hari
 

1

Introduction & onboarding

  • Perkenalan mentor dan peserta.
  • Perkenalan visi, misi dan filosofi Insan Desain
  • Bangun mental model yang diperlukan untuk mengikuti kelas ini dari awal hingga kelulusan

Tri Nugraha

Head of Design, GoFood & Co-founder Insan Desain

Galih Pambudi

Head of UX Writing di Gojek & Co-founder Insan Desain

2

UX Research

  • Research untuk Desain: Apa? Kenapa? Gimana?
  • Qualitative & quantitative research
  • Proses research hulu-hilir
  • Menyiapkan research plan dan proses interview


Diaz Nugroho

DRIVER RESEARCH MANAGER DI GOJEK

3

UX Design

  • Analisa dan scoping masalah
  • Mensintesis data dengan Affinity Diagram
  • Prioritisasi masalah dan solusi
  • Menguasai struktur information architecture & user journey
  • Dasar dan praktek wireframing
  • Menentukan dan mengukur UX metrics

Tri Nugraha

Head of Design, GoFood & Co-founder Insan Desain

Adze Ganesha

PRODUCT DESIGN LEAD DI TOKOPEDIA

4

UX Writing

  • Menyuguhkan experience berkesan melalui tulisan
  • Memahami tujuan dari seorang UX Writer
  • Mengenal dan membuat brand voice & tone
  • Tentang tema dan cerita

Galih Pambudi

Head of UX WRITING DI GOJEK & CO-FOUNDER INSAN DESAIN

5

UI Design

  • Fondasi user interface: spacing, visual, typography, color & contrast, complexity, consistency
  • Mengenal dan meresapi rinsip-prinsip user interface

Eja

Principal Interaction Designer at GoPay

6

Prototyping

  • Fundamental dan jenis-jenis prototyping
  • Mengkonversi ide menjadi prototype
  • Praktek hands-on membuat prototype di Figma

Luthfi Eryando (Lui)

Product Designer at skorlife

7

Usability testing

  • Teknik dalam pelaksanaan usability testing produk yang akan dibuat
  • Menyusun research report sederhana
     
     

Diaz Nugroho

DRIVER RESEARCH MANAGER DI GOJEK

8

UX Metrics

  • Mempelajari kunci bagi seorang Desainer untuk dapat “kursi” di ranah pengambilan keputusan, yaitu mengenal dan menguasai UX Metrics
  • Melihat langsung contoh real penggunaan UX Metrics di berbagai project di perusahaan teknologi
     
     

Tri Nugraha

HEAD OF DESIGN, GOFOOD & CO-FOUNDER INSAN DESAIN

8

Building Portofolio

  • Pelajari teknik yang diperlukan seorang Desainer untuk “menjual” berbagai bentuk produk,desain atau solusi
  • Membedah struktur presentasi yang baik
     

Tri Nugraha

HEAD OF DESIGN, GOFOOD & CO-FOUNDER INSAN DESAIN

9

Presentation

  • Teknik dalam pelaksanaan usability testing produk yang akan dibuat
  • Menyusun research report sederhana
     
     

Tri Nugraha

HEAD OF DESIGN, GOFOOD & CO-FOUNDER INSAN DESAIN

Ya, seluruh kelas akan dilaksanakan secara offline di Insan Space, Bekasi, agar interaksi pembelajaran dan mentorship lebih maksimal

Cek harga kelas & jenis pembayaran yang tersedia di form pendaftaran.

Terbuka akses mentorship di luar kelas yang bisa dimaksimalkan untuk bertumbuh dan akses networking ke para insan di top companies di Indonesia. Kalau serius belajar, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Respect the craft. Trust the process 

Practice 1.000 times and know the foundation so you can build anything